NEWS

Sekat ruangan adalah salah satu furnitur yang sering kali ditemukan di sebuah kantor. Selain berfungsi untuk membagi sebuah ruangan menjadi beberapa bagian, desainnya yang cantik pun bisa dimanfaatkan sebagai pemanis interior ruangan. Terlebih, pemilihan partisi yang tepat akan membuat suasana kantor menjadi terasa lebih nyaman.

Dengan memperhatikan beberapa poin di atas, bisa dibilang sekat memiliki fungsi yang sangat penting di dalam sebuah ruangan. Oleh karena itu, penting sekali untuk memahami cara memilih sekat ruangan jika Anda tertarik untuk menggunakan furnitur yang satu ini di kantor. Berikut adalah beberapa tips yang bisa dijadikan referensi sebelum menentukan pilihan Anda.

1.  Menghitung Biaya

Selain biaya pembelian sekat ruangan, terdapat beberapa biaya lainnya juga yang harus dijadikan pertimbangan. Biaya tersebut meliputi:

  • biaya pengiriman,
  • biaya pemasangan,
  • biaya waktu dan kompleksitas partisi kantor
  • biaya untuk aksesori (seperti tambahan rak, laci, dan sebagainya), dan
  • biaya rekonfigurasi (mengubah sekat ruangan agar masih sesuai dengan perkembangan).

Dengan mengenali berbagai biaya di atas, Anda tidak perlu lagi takut dengan biaya tidak terduga yang bisa membuat tagihan membengkak.

2.  Mempertimbangkan Rencana Bisnis Masa Depan

Selain biaya, Anda pun harus mencari tahu apakah partisi yang dibutuhkan adalah yang berjalan atau tetap. Jika kantor Anda suka mengatur ulang posisi kantor secara berkala, tentunya Anda membutuhkan partisi yang lebih fleksibel. Partisi yang satu ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki rencana bisnis penting di masa depan.

Sedangkan partisi tetap adalah opsi yang harus Anda pilih jika Anda tidak pernah memiliki rencana untuk mengubah tata ruang kantor. Untuk itu, pastikan jenis partisi yang dipilih sesuai dengan kebutuhan Anda.

3.  Memilih Desain Sekat Ruangan

Selanjutnya, Anda juga harus mempertimbangkan bagaimana desain sekat kantor yang akan dipilih. Hal tersebut penting karena desain dengan tampilan yang menarik menghadirkan kenyamanan yang dibutuhkan setiap orang ketika bekerja.

Tak hanya itu, desain yang dipilih pun harus sesuai dengan desain kantor yang Anda tempati. Pada umumnya, terdapat 2 jenis desain yang dapat dipilih, yakni modern dan tradisional. Anda hanya perlu memilih desain yang paling cocok dengan tampilan kantor Anda.

4.  Memperhatikan Fleksibilitas

Kemudian, Anda pun harus bisa memilih sekat ruangan yang dapat menciptakan fleksibilitas tersendiri. Itulah mengapa banyak orang yang menyarankan untuk memilih sekat kantor portable atau yang mudah untuk dipindahkan dibandingkan sekat kantor yang permanen.

 Hal ini penting sekali untuk dipertimbangkan karena bisa saja suatu saat kantor Anda akan mengalami perombakan dengan skala yang cukup masif. Jika hal tersebut benar-benar terjadi, tentunya pemilihan partisi yang fleksibel akan menghemat banyak sekali waktu Anda.

5.  Menyesuaikannya dengan Tingkat Kenyamanan Karyawan

Selain harus selaras dengan desain kantor, Anda pun tak boleh sampai lupa untuk menanyakan preferensi karyawan ketika hendak memilih desain sekat ruangan. Pasalnya, karyawan adalah orang-orang yang merasakan sendiri bagaimana partisi yang dipilih memengaruhi lingkungan kerja mereka.

Jika Anda memaksakan untuk memilih sekat ruangan yang sesuai dengan selera Anda, tetapi para karyawan tidak suka dengan desain yang dipilih, hal tersebut akan terasa percuma. Hal ini dapat menyebabkan para karyawan menjadi tidak produktif karena merasa tidak nyaman dengan lingkungan kerja mereka.

 

Itulah beberapa tips memilih sekat ruangan kantor yang harus diperhatikan. Semoga artikel ini membantu Anda memilih partisi yang sesuai dengan kebutuhan.