NEWS

Pembatas kantor atau lebih dikenal dengan partisi adalah sekat yang digunakan untuk memisahkan suatu area di sebuah ruangan dengan area lainnya. Kantor biasanya terdiri dari ruangan yang luas sehingga membutuhkan partisi untuk membagi setiap area untuk berbagai keperluan.

Tak hanya berfungsi sebagai pembatas ruangan, keberadaan partisi juga sangat penting bagi kenyamanan setiap karyawan ketika bekerja. Pasalnya, kehadiran sekat ini akan memberikan cukup privasi bagi karyawan yang membutuhkan konsentrasi lebih ketika bekerja.

Jika Anda sedang mencari pembatas kantor, penting sekali untuk memperhatikan banyak opsi agar sampai tidak salah pilih. Dengan informasi yang tepat, Anda bisa memaksimalkan kenyamanan kantor hingga menekan anggaran yang harus dikeluarkan. Berikut adalah beberapa jenis penyekat bilik yang harus diketahui sebelum Anda menentukan pilihan.

1. Penyekat Bilik
Pembatas kantor yang satu ini adalah model yang paling umum digunakan sebagai partisi.
Modelnya yang membuat suasana kerja menjadi nyaman serta tata letaknya yang mudah diubah membuat banyak orang memilih partisi yang satu ini. Penyekat bilik umumnya terdiri dari 4 dinding yang dilengkapi dengan bukaan sebagai akses untuk keluar dan masuk.

2. Penyekat Portabel
Jika perusahaan Anda sering kali berpindah-pindah tempat, partisi ini adalah pilihan yang tidak boleh dilewatkan. Desainnya yang portabel membuat Anda tidak perlu lagi khawatir untuk berpindah lokasi karena penyekat ini mudah dibawa kemana-mana.

3. Pembatas Kantor Accordion
Secara teknis, pembatas kantor accordion memiliki mekanisme yang sama, baik dari sifatnya yang portabel hingga sistem dan cara kerja yang serupa. Bedanya, partisi ini dapat diatur dan dibuka dengan bermacam-macam pengaturan.

4. Pembatas Kantor dari Kaca
Umumnya berbahan kaca atau aluminium, pembatas kantor ini berfungsi untuk memberikan privasi lebih pada ruang kerja. Salah satu manfaat yang tidak dapat ditemukan pada partisi lain adalah fungsinya yang dapat meredam kebisingan. Selain itu, partisi ini memiliki berbagai macam pilihan desain yang bisa disesuaikan dengan anggaran yang Anda miliki.

Selain jenis-jenis juga, Anda pun mesti mengetahui berbagai macam manfaat di balik penggunaan partisi di sebuah kantor. Berikut adalah beberapa di antaranya.

Manfaat Penggunaan Pembatas Kantor

1. Menghemat Biaya Operasional
Pembatas kantor bisa menghemat anggaran karena dari segi biaya yang dikeluarkan, anggaran membeli sekat ini lebih murah daripada pengerjaan dan pemasangan sekat permanen. Jika Anda ingin menghadirkan sentuhan yang menambah estetika kantor, pilihlah sekat dari kaca yang dapat berfungsi sebagai pemanis desain interior kantor serta pembatas ruangan.

2. Membagi Kantor Menjadi Lebih Rapi
Jika kantor karyawan Anda bekerja di sebuah meja besar berbentuk oval, dokumen-dokumen dan surat penting lain akan berserakan di atas meja tersebut. Bahkan, kertas-kertas penting tersebut bisa saja tercampur dengan dokumen yang berbeda. Bekerja di ruang dengan sekat tentunya akan menjadi solusi masalah ini karena setiap karyawan memiliki areanya sendiri untuk menyimpan dokumen penting mereka.

3. Meningkatkan Kedisiplinan Karyawan
Kantor yang rapi serta privasi yang terjaga tentunya memberikan keuntungan tersendiri bagi perusahaan tersebut. Pasalnya, dengan lingkungan kerja yang kondusif, setiap karyawan akan lebih semangat untuk bekerja. Terlebih jika partisi yang dipilih memiliki nilai estetika tinggi, para karyawan akan semakin produktif karena lingkungan kerja mereka terasa sangat nyaman.

Itulah beberapa informasi dan tips yang harus diketahui seputar pembatas kantor. Semoga tulisan ini membantu Anda menemukan pembatas kantor yang sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan.