NEWS

 

Ruang kerja saat ini seolah rumah yang memberikan keleluasaan dan kenyamanan. Sudah bukan waktunya ruang kerja seolah tempat yang menyebabkan penat dan bosan.  Tidak terbayang bukan, ketika tugas kerja banyak dengan jam kerja yang lama ditambah dengan desain ruang kerja kantor menggunakan warna yang kaku, biasa-biasa saja atau monoton? Tentu akan menyebabkan jam kerja terasa sangat membosankan. Nuansa yang menenangkan, fleksibel, dan tetap energik menjadi hal yang penting, agar kerja lebih optimal.

Desain ruang kerja kantor memegang peranan penting, tidak sekadar menciptakan tempat yang digunakan untuk bekerja. Namun, lebih dari itu ruang kerja diharapkan dapat memberikan citra atau kesan positif perusahaan dan kenyamanan bagi karyawan. Desain ruang kerja secara tidak langsung juga dapat menunjukan karakter dari suatu perusahaan. Bayangkan jika suatu perusahaan menggunakan warna gelap, dan pencahayaan yang kurang, apa yang terjadi? Kesan kurang baik tentu akan terlintas. Dalam desain ruang kerja kantor, warna dan pencahayaan merupakan dua elemen yang tidak boleh terabaikan.  Penggunaan warna tertentu akan menunjukan kesan dan nuansa ruangan. Dan pencahayaan juga bukanlah hal yang patut disepelekan, penempatan lampu dan kualitas pencahayaan berpengaruh terhadap kesehatan karyawan yang dapat memengaruhi produktivitas kerja.

Warna sebagai elemen desain ruang kerja kantor menjadi proyeksi karakter atau identitas perusahaan. Penilaian positif atau negatif suatu perusahaan dapat dilakukan melalui interpretasi seseorang berdasarkan situasi sosialnya. Hanya dengan warna akan menghadirkan kesan yang tidak akan dilupakan. Bagaimana jika calon kolega atau investor  kali pertama datang ke kantor memberikan penilaian warna ruang kerja terlalu formal? jangan sampai ya! Yuk tambahkan  warna-warna berikut ini agar desain ruang kerja kantor penuh arti:

  1. Warna biru, coba bayangkan jika sedang bekerja terasa berada di tepi pantai melihat warna laut yang biru? Tentu akan merasakan nuansa kesegaran, fleksibilitas, ketenangan, dan stabilitas.
  2. Warna kuning, sebagai warna yang terang dan cerah. Warna kuning identik dengan matahari yang akan memberikan semangat, menebarkan energi ketika bekerja, dan memberikan stimulus kreatif.
  3. Warna ungu, warna ini jarang ditemukan pada alam bebas. Oleh karenanya, kesan yang ditimbulkan yakni kemewahan, elegan, ambisi, kualitas tinggi, kreatif, dan kemuliaan.
  4. Warna emas, warna yang identik dengan kemewahan, dan martabat tinggi. Terbayang jika ruang kerja menggunakan warna ini, tentu terkesan mewah, dan berdaya tarik tinggi akan terpancar.
  5. Warna hijau, ruang kerja yang menggunakan warna ini akan terasa di alam bebas dengan hijau dedaunan. Kesan yang ditimbulkan dari warna ini yaitu kesegaran, harmonisasi. Selain itu, akan menimbulkan suasana rileks ketika bekerja.
  6. Warna cokelat, warna ini banyak terdapat di alam bebas. Kesan yang ditimbulkan dari warna ini ialah kenyamanan, stabilitas, dan kekeluargaan.
  7. Warna merah, kesan yang ditimbulkan dari warna ini ialah kemewahan, keberanian, dan energi. Tentu jika ruang kerja menggunakan warna ini akan bersemangat dan berambisi segera mengerjakan tugas-tugas kantor.

Itulah warna-warna yang dapat membuat desain ruang kerja kantor akan tampil berbeda, jauh dari kesan formal dan kaku. Desain ruang kerja kantor dengan warna-warna yang tidak biasa akan memberi stimulus-stimulus positif bagi karyawan selama bekerja. Desain boleh kekinian, tetapi jangan abaikan pemilihan warna agar situasi kerja terasa mengasyikan dan dapat merepresentasikan karakter terbaik dari perusahaan, serta menghasilkan produktivitas yang tinggi penuh arti.