NEWS

Suatu kantor selain membutuhkan meja kerja dan kursi kerja maka juga perlu menyediakan meja rapat arau meja meeting kantor, guna sarana tempat berdiskusi, melakukan pertemuan bersama, dan juga untuk presentasi dan lain sebagainya. Berikut ini adalah tips untuk memilih meja rapat atau meja meeting kantor, sebagai berikut.

Ukuran Meja Rapat

Pertimbangan pertama adalah ukuran meja rapatnya. Selain disesuaikan dengan jumlah karyawan peserta meetingnya, juga pertimbangkan kesesuaian ukurannya dengan ukuran ruangan, sehingga tidak terlalu besar dan menimbulkan kesan sempit dan kurang nyaman pada ruangan.

Bentuk Meja Rapat

Terdapat banyak bentuk meja rapat yang setiap bentuknya memiliki keunggulannya masing-masing.

1. Meja Rapat Persegi Empat

Bentuk meja rapat ini adalah yang paling banyak tersedia dan juga lebih mudah ditemukan. Bentuknya bisa berupa segi empat sama sisi atau yang empat persegi memanjang. Meja kerja dalam bentuk empat persegi ini juga yang paling mudah disusun menjadi kombinasi bentuk pertemuan lainnya, seperti desain segi empat hollow yang berlubang di tengah atau design meeting berbentuk V shape yang merupakan hasil kombinasi dua buah meja kerja empat persegi panjang yang diletakkan menyudut pada bagian depan dan melebar pada bagian akhirnya, sehingga membentuk sudut seperti huruf V, dan lain sebagainya.

2. Meja Rapat Empat Persegi Sama Sisi

Bentuk meja seperti ini cocok digunakan untuk rapat antara dua pihak hingga empat pihak dalam posisi masing-masing pada tiap sisinya.

3. Meja Rapat Empat Persegi Memanjang

Bentuk meja ini bisa menampung lebih banyak peserta dan bisa lebih fokus menjadi tempat meeting antara dua pihak, yang bisa duduk di tiap sisi panjangnya. Pimpinan rapat atau pihak netral dalam meeting tersebut dapat duduk di ujung meja rapat, yang memiliki sisi yang lebih pendek.

4. Meja Rapat Bulat Solid

Bentuk ini yang paling lazim berikutnya yang tersedia. Termasuk jika menyewa ruang meeting di hotel-hotel. Bentuk meja rapat seperti ini membuat seluruh peserta rapat bisa saling bertatap muka dan berkedudukan yang setara.

5. Meja Rapat U Shape

Meja rapat ini dimaksudkan guna lebih memaksimalkan fokus peserta rapat terhadap pemimpin rapat atau penampil presentasi. Bentuknya adalah membulat seperti huruf U dan ada kursi di bagian tengah paling depan. Meja rapat bentuk U ini dalam skala besar bisa juga terdiri dari beberapa meja segi empat yang disusun hingga membentuk shape U.

6. Bentuk Classroom

Bentuknya seperti kelas dengan banyak meja dan juga kursinya masing-masing. Ruang meeting seperti ini mampu menampung peserta meeting dalam jumlah yang banyak. Bisa disusun menurun seperti yang ada di ruang kuliah atau modern classroom, sehingga para peserta meeting bisa lebih berfokus pada pembicara atau pimpinan meeting.

Bentuk Theater

Bentuk ini juga mampu menampung lebih banyak peserta meeting. Bentuknya seperti ruangan bioskop, dengan meja yang menyatu dengan kursinya. Bisa juga disusun secara mendatar atau menurun dengan meja pembicara yang diletakkan tepat di bagian depan dan tengahnya. Tujuannya agar para peserta meeting bisa lebih fokus pada pembicara atau pimpinan rapatnya.

Pertimbangan berikutnya ialah bahan material meja rapatnya. Bisa memilih kayu guna menciptakan kesan yang hangat dan ramah, alami dan natural, atau bisa memilih bahan besi atau plastik guna menimbulkan kesan yang lebih modern dan lain sebagainya.