NEWS

Kenyamanan karyawan saat bekerja penting untuk diperhatikan demi kelangsungan dan perkembangan perusahaan. Salah satu hal yang memengaruhi kenyamanan karyawan dalam bekerja adalah tata ruang kantor.

Ingin karyawan Anda betah dan semangat bekerja? Simak macam-macam tata ruang kantor melalui penjelasan ini!

Macam-macam tata ruang kantor, mana yang cocok dengan perusahaan Anda?

 

Setiap perusahaan memiliki penataan ruang kantor yang bervariasi. Biasanya, penataan ruang kantor disesuaikan dengan tujuan, budaya, iklim kerja, dan anggaran perusahaan. Ada beberapa macam tata ruang ruang kantor yang umum dipilih perusahaan.

 

Berikut ini adalah beberapa macam tata ruang kantor yang perlu diketahui:

1. Cubicles

Tata ruang kantor cubicles telah banyak diterapkan di banyak kantor bahkan paling populer. Desain ruang kantor yang klasik ini kerap dipilih karena dapat menjaga privasi dan fokus setiap karyawan tanpa menghambat komunikasi yang cepat.

Setiap meja karyawan dibatasi dengan partisi yang berguna sebagai sekat. Partisi yang digunakan cukup bervariasi. Sebagian besar kantor menggunakan partisi dengan tinggi hanya sebatas dada seperti partisi tipe Dominus 1 dari Arkadia Furniture.

Partisi tersebut cocok digunakan jika Anda ingin menjaga privasi setiap karyawan karena partisi dipasang per meja dari 1 karyawan. Penggunaan partisi tipe Dominus 1 tetap memberikan keleluasaan karyawan untuk bisa berkomunikasi cepat dengan karyawan lain..

 

2. Open space

Seiring perkembangan zaman, semakin banyak perusahaan teknologi, perusahaan startup semakin banyak bermunculan. Tipe perusahaan startup yang didominasi oleh generasi millenial dan generasi Z ini dituntut harus ‘gesit’ dalam berkoordinasi antar karyawan.

Oleh karena itu, banyak perusahaan startup yang memilih tata ruang kantor tipe open space. Ruang kantor terbuka sangat mendukung karyawan untuk melakukan komunikasi yang lebih cepat dan efektif.

Para pimpinan pun lebih mudah melihat keberadaan bawahannya. Selain itu, tipe open space juga dapat menghemat dana perusahaan karena Anda tidak perlu membeli partisi. Akan tetapi, kelemahan dari open space adalah karyawan mudah terganggu.

Inilah yang membuat banyak karyawan yang bekerja dengan ruang kantor open space menggunakan headset agar tetap bisa fokus bekerja. Penataan ruang kantor co-working space banyak menerapkan open space.

 

3. Team cluster

Sudah perusahaan terutama startup yang menggunakan tata ruang kantor jenis team cluster. Penataan ruang kantor team cluster dibuat terpisah antar divisi. Pemisahan area kerja antar divisi yang satu dengan yang lain bisa diterapkan secara tertutup atau terbuka.

Kelebihan penerapan ruang kantor tipe team cluster adalah bisa meningkatkan koordinasi tiap divisi. Namun, ini juga bisa menghambat alur komunikasi dengan divisi lain. Oleh karena itu, penting untuk mengatur posisi per divisi yang saling terkait.

 

4. Private room

Perusahaan yang memiliki budget lebih, ruang yang sangat luas, dan ingin memberikan kenyamanan tingkat tinggi kepada setiap karyawannya bisa menata ruang kantor secara private. Setiap karyawan bekerja di dalam ruangan yang disekat secara penuh dan dilengkapi dengan pintu.

Tentunya, karyawan pun bisa bekerja dengan fokus tetapi ini bisa menghambat komunikasi dan pengawasan. Inilah mengapa hampir tidak ada perusahaan yang menerapkan private room untuk semua karyawannya melainkan hanya untuk level jabatan setingkat manajer atau lebih tinggi.

 

5. Landscape

Ada banyak cara menata ruang kantor yang bisa meningkatkan kenyamanan karyawan saat bekerja. Salah satunya dengan menerapkan tata ruang kantor tipe Landscape. Tipe ruang kantor ini menyuguhkan panorama menarik yang bisa mengurangi penat karyawan.

 

6. Combination

Penataan ruang kantor tidak terkunci untuk menerapkan satu jenis tata ruang saja. Anda bisa menata ruang kantor dengan menggabungkan macam-macam tata ruang kantor. Jenis ini disebut tipe combination. Tipe ini sering dipilih karena dirasa cocok karena perbedaan level dan karakteristik tugas setiap karyawan.

Itulah macam-macam tata ruang kantor yang bisa Anda pilih. Sudah tahu ingin menerapkan tipe yang mana? Semoga penjelasan ini bisa membantu Anda dalam hal penataan ruang kantor.