NEWS

Saat ini dinding batu bata tidak selalu menjadi pilihan utama untuk menjadi pembatas atau penyekat ruangan. Apalagi ketika digunakan sebagai pembatas ruang kantor di gedung-gedung bertingkat. Saat membeli atau menyewa sebuah gedung perkantoran, biasanya Anda akan mendapatkan satu lantai yang luas. Oleh karena itu Anda harus membuat sekat sendiri dan yang paling murah dan sesuai adalah partisi. Justru karena diharuskan membuat partisi sendiri, Anda bisa leluasa memilih desain.

 

Ada begitu banyak jenis partisi yang bisa dipilih. Seperti apakah jenis partisi pembatas ruangan kantor yang tersedia dan bagaimana cara memilihnya? Anda bisa menemukan jawabannya disini.

Jenis-Jenis Partisi Pembatas

Cara untuk membedakan jenis partisi yang paling mudah adalah dari bahan atau materialnya. Anda bisa mendapatkan partisi yang mahal dan murah karena bahannya. Bahkan gaya yang dihasilkan dari masing-masing pun berbeda. Berikut ini beberapa pilihan jenis partisi dari bahannya.

1. Partisi Kaca

Jenis partisi pembatas ruangan yang paling banyak digunakan untuk perkantoran modern seperti saat ini adalah kaca. Jenis kaca yang paling banyak digunakan adalah kaca tempered.

 

Kaca jenis ini banyak dipilih karena ketahanannya terhadap goresan dan juga benturan. Karena material kaca yang transparan, maka partisi ini juga sering disebut sebagai partisi transparan atau semi transparan.

 

Sifatnya yang transparan membuat ruang kantor tampak luas. Untuk tetap menjaga privasi antar ruangan biasanya akan ditambahkan vertical blind yang mudah dioperasikan.

2. Partisi Alumunium

Jenis bahan yang kedua setelah kaca yang paling banyak digunakan adalah aluminium. Ada begitu banyak model dan warna aluminium yang bisa dimanfaatkan sebagai sekat pembatas.

 

Oleh karena itu aplikasinya bisa lebih luas pada berbagai macam gaya. Aluminium menjadi partisi yang ringan dan mudah pemasangannya. Perawatannya pun mudah dan tahan lama.

3. Partisi dari Bahan Gypsum

Gypsum adalah jenis material partisi kantor yang juga perlu dipertimbangkan. Keunggulan dari material ini adalah tahan terhadap api serta elastis.

 

Keunggulannya tersebut membuat partisi gypsum aman dan lebih tahan lama. Kekurangan yang harus diperhatikan adalah gypsum tidak tahan terhadap air, jadi Anda tak bisa mengaplikasikannya pada area lembab seperti toilet kantor.

4. Partisi dari Bahan GRC

Banyak yang salah mengira bahwa partisi pembatas ruangan kantor GRC adalah gypsum. Berbeda dengan gypsum, GRC memiliki bobot yang ringan dan tahan api maupun air dan bahan dasar yang digunakan untuk pembuatan GRC adalah semen dan juga serat fiber. Kekurangan dari partisi ini adalah mahal harganya.

Seperti Apa Desain yang Ingin Diterapkan?

Masalah gaya juga selalu menjadi pertimbangan. Anda mungkin akan menggunakan jasa desain interior khusus dalam merancangnya. Untuk memutuskan partisi apa yang cocok digunakan maka desain interior akan membantu memutuskan pilihan yang tepat.

 

Jika Anda ingin menerapkan gaya minimalis maka partisi kaca dengan tampilan transparan bisa dipergunakan. Jika tidak ingin menggunakan kaca, warna putih dari partisi GRC dan gypsum bisa dipilih. Namun untuk desain modern atau kontemporer, partisi dari alumunium yang banyak pilihan model dan warna lebih baik dipilih.

 

Partisi digunakan untuk membentuk ruangan demi ruangan, nah untuk mendapatkan partisi yang tepat tentukan terlebih dahulu fungsi dari ruangan tersebut. Jika membutuhkan ruangan yang memiliki privasi tinggi seperti ruangan manajer atau jabatan yang lebih tinggi, maka sekat ruangan penuh harus digunakan. Anda bisa memanfaatkan semua jenis partisi untuk membuat penyekat. Sedangkan jika ingin membuat area staf bisa menggunakan partisi pembatas ruangan kantor berbentuk bilik atau akordeon.

 

Sekat bilik lebih bisa digunakan untuk ruangan besar yang digunakan banyak staff kantor. Setiap staf akan memiliki bilik kantor sendiri berisi meja dan kursi supaya bisa lebih fokus untuk bekerja. Partisi dipilih tidak yang menyekat ruangan secara utuh untuk memudahkan setiap staff saling berkomunikasi untuk masalah pekerjaan tertentu.