NEWS

Setiap ruang kantor didesain secara khusus agar operasional perusahaan bisa berjalan optimal dengan minim kendala. Itulah sebabnya setiap bentuk usaha memiliki tata ruang kantor yang berbeda-beda, bukan semata demi kenyamanan dan estetika. Salah satu konsep yang paling umum adalah tata ruang kantor terbuka, dimana para karyawan bisa bergerak dengan lebih leluasa. Namun, sebelum Anda memilih konsep ini sebagai tata ruang kantor, sebaiknya ketahui dulu pengertian tata ruang kantor terbuka berikut ini:

Pengertian Tata Ruang Kantor Terbuka

Tata ruang kantor terbuka terdiri dari satu ruangan yang diisi oleh banyak karyawan sekaligus, dan seringkali digunakan oleh beberapa divisi atau departemen berbeda. Ruangannya didesain secara terbuka tanpa ada sekat atau partisi-partisi pemisah sehingga ruang kantor akan terlihat luas.

Umumnya, tata ruang kantor terbuka memiliki banyak meja untuk masing-masing karyawan, atau bisa juga satu meja besar yang ditempati oleh beberapa orang sekaligus. Tata ruang kantor seperti ini memungkinkan komunikasi antar karyawan menjadi lebih mudah.

 

Contoh Tata Ruang Kantor Terbuka

Di Indonesia, tata ruang kantor terbuka biasanya digunakan oleh perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang jasa logistik/ekspedisi. Namun, ada juga beberapa bentuk usaha lainnya yang menggunakan konsep ini, seperti agensi pemasaran, periklanan, event organizer, catering, dan sebagainya. Berikut ini ada beberapa contoh tata ruang kantor terbuka:

 

Ruang Kantor Terbuka Hijau

 

Ruang kantor terbuka ini mengusung konsep alam terbuka untuk menciptakan suasana natural dan menenangkan. Desain ruang kantor seperti ini mungkin bisa Anda pertimbangkan jika aktivitas di kantor selalu intens dan penuh tekanan. Desain alam hijau menonjolkan berbagai unsur natural di dalamnya, mulai dari tanaman hias, taman terbuka, aquascape, kolam kecil, dan bisa juga air terjun indoor.

 

Desain Kantor Industrial

 

Contoh tata ruang kantor terbuka dengan desain industrial seperti ini sangat cocok untuk bidang usaha logistik maupun layanan pesan antar makanan. Ruangan kantor dibuat simpel namun tetap berkarakter. Tata ruang ini memungkinkan mobilitas karyawan yang menjalani pekerjaan-pekerjaan fisik lebih efisien.

 

Desain Kantor Minimalis Terbuka

 

Ruangan minimalis bisa dimaksimalkan dengan mengusung konsep terbuka. Desain ini direkomendasikan untuk organisasi atau agensi yang beranggotakan kurang dari 10 orang. Anda bisa menggunakan satu meja panjang untuk ditempati semua anggota. Selain itu, jika masih ada sedikit area yang tersisa, Anda bisa menggunakannya sebagai ruangan khusus klien yang dipisahkan dengan sekat pembatas.

 

Desain Kantor Terbuka Ala Rumahan

 

Contoh tata ruang kantor terbuka dengan desain unik ini cukup populer di kalangan startup yang didominasi karyawan-karyawan muda. Tata ruang kantor terbuka dengan nuansa seperti di rumah ini memberikan kesan nyaman dan kreatif sehingga karyawan bisa lebih betah berlama-lama di kantor.

 

Kelebihan VS Kekurangan Tata Ruang Kantor Terbuka

Dua hal yang mesti dipertimbangkan sebelum memilih tata ruang kantor dengan konsep terbuka adalah kelebihan dan kekurangan yang akan Anda dapatkan. Pastikan tata ruang ini memang cocok dengan kebutuhan Anda.

 

Kelebihan Tata Ruang Kantor Terbuka

  • Pimpinan dan supervisor bisa lebih mudah memantau kinerja masing-masing karyawan dari berbagai divisi atau departemen berbeda sekaligus.
  • Lebih mudah berkomunikasi dan menjalin kerjasama tim.
  • Lebih fleksibel untuk mengubah tata letak perabotan kantor dan fungsinya.
  • Lebih mudah dalam mendistribusikan peralatan dan perlengkapan kerja.
  • Menghemat biaya listrik dan lebih mudah dalam proses pemeliharaan.
  • Dekorasi dan desain interior ruang kerja bisa diterapkan lebih mudah.

Kekurangan Tata Ruang Kantor Terbuka

  • Cenderung mudah menimbulkan kegaduhan.
  • Butuh kekompakan lebih agar karyawan bisa sama-sama berkonsentrasi.
  • Kurangnya privasi antar individu di kantor.
  • Kemungkinan kantor berantakan lebih tinggi karena semua pekerjaan dilakukan di satu ruangan yang sama.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan tata ruang kantor terbuka yang perlu Anda tahu. Simak juga info menarik lainnya bersama Arkadia Furniture, solusi terbaik Anda untuk menciptakan ruang kantor idaman!