NEWS

Tata ruang kantor gabungan atau mixed office layout merupakan perpaduan antara konsep tata ruang kantor terbuka dan tertutup. Konsep penataan ini cukup populer di kalangan korporasi masa kini yang membutuhkan kenyamanan lebih dan efisiensi kinerja yang tinggi. Dengan menerapkan tata ruang kantor gabungan terbuka dan tertutup, organisasi perusahaan bisa saling berkolaborasi, berkomunikasi, dan menyelesaikan pekerjaan sehari-hari dengan lebih fleksibel.

 

Tata Ruang Kantor Gabungan

 

Tata ruang kantor gabungan memungkinkan perusahaan mendapatkan seluruh keunggulan dari tata ruang kantor terbuka dan tata ruang kantor tertutup. Jika Anda menghadapi pilihan sulit di antara dua konsep penataan tersebut, tata ruang kantor gabungan bisa menjadi solusi terbaik.  Selain itu, jika ditinjau berdasarkan ruang lingkupnya, tata ruang kantor seperti ini dapat dibedakan menjadi bagian-bagian berbeda, yaitu:

 

1. Ruang Pribadi

Dalam penataan ruang kantor gabungan, biasanya terdapat beberapa ruang privat terpisah yang nantinya akan ditempati oleh karyawan dengan status lebih tinggi, entah itu manager, supervisor, maupun pimpinan divisi. Namun, jajaran staf juga bisa mendapatkan ruang pribadi jika pekerjaannya membutuhkan privasi lebih, sehingga karyawan bisa berkonsentrasi penuh. Selain daripada itu, karyawan yang bekerja dengan melibatkan peralatan atau material berharga juga seringkali membutuhkan ruang terpisah sendiri.

 

2. Ruang Antar Bagian

Ruang kantor antar bagian ditempati oleh anggota tim dan sebagian besar karyawan lainnya. Di dalamnya terdapat beberapa meja untuk masing-masing karyawan, atau bisa juga dengan menerapkan sistem kubikel sederhana untuk beberapa orang sekaligus. Kemudian, di ruangan ini juga telah disediakan pantry terpisah, toilet, area penempatan fasilitas kantor, serta storage area untuk menyimpan perbendaharaan dan arsip-arsip kantor. Tidak jarang ruang antar bagian didesain dengan perpaduan tema-tema unik untuk membedakan wilayah antar divisi.

 

Kelebihan dan Kekurangan Tata Ruang Kantor Gabungan

 

 

 

Meskipun konsep ini dinilai lebih efisien, tata ruang kantor gabungan tetap memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan tata ruang kantor gabungan:

Kelebihan Tata Ruang Kantor gabungan

  • Dekorasi ruangan bisa dibuat lebih bervariasi sesuai preferensi masing-masing tim atau divisi.
  • Komunikasi dan kerjasama anggota divisi maupun antar divisi bisa berjalan lebih mudah dengan minim hambatan.
  • Pengaturan pencahayaan lebih mudah karena dalam satu ruangan hanya membutuhkan beberapa sumber penerangan saja.
  • Mempermudah koordinasi dari manajer, pimpinan divisi, maupun supervisor kepada setiap karyawan di satu ruangan yang sama.
  • Tata ruang kantor gabungan terbuka dan tertutup memungkinkan perusahaan menghemat lebih banyak budget dibanding membangun private office untuk masing-masing karyawan.
  • Bisa mendapatkan keunggulan dari konsep tata ruang kantor lainnya.

Kekurangan Tata Ruang Kantor gabungan

  • Biaya maintenance kantor lebih mahal.
  • Menyulitkan proses pemeliharaan/pembersihan.
  • Desain ruangan bisa jadi tidak karuan atau kurang tertata, terutama jika menerapkan perpaduan warna yang terlalu bertabrakan.
  • Jika suasana di ruang antar bagian tidak terkendali, kemungkinan terjadinya miskomunikasi akan lebih tinggi.
  • Karyawan bisa kesulitan mendapatkan tempat jika membutuhkan area terpisah untuk pekerjaan tertentu.
  • Ruangan kantor sewaktu-waktu bisa jadi berantakan jika karyawan tidak disiplin dalam mengelolanya.

 

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan tata ruang kantor gabungan yang perlu Anda pertimbangkan. Simak juga info menarik lainnya bersama Arkadia Furniture, solusi terbaik Anda untuk menciptakan ruang kantor idaman!