NEWS

Pernahkah kamu mendengar istilah tentang “Kenyamanan kerja dipengaruhi juga dengan suasana kantor”? Benar sekali! Faktanya, beberapa studi ilmiah telah membahas hal ini. Apa yang dimaksud dengan kenyamanan bekerja adalah perasaan positif yang didapat oleh karyawan, dimana setelah itu karyawan bisa menghasilkan output yang baik dalam pekerjaannya. Kantor juga umumnya disebut sebagai rumah kedua bagi para pekerja, sehingga suasana nyaman wajib untuk diciptakan. Jika memiliki ruang kantor yang luas, maka tidak lagi sulit untuk kita mengatur letak dan komposisi alat kerja di dalam ruangan. Namun, bagaimana jika kantor yang dimiliki berukuran sebaliknya? Menjadi tantangan tersendiri nih untuk bisa menata ruang kantor yang sempit! Ini dia beberapa tips dan trik cara menata ruang kantor yang sempit.

1. Pemilihan cat dinding

Warna cat dinding menjadi hal yang berpengaruh untuk dapat menghasilkan efek luas terhadap suatu ruangan, termasuk ruang kantor. Umumnya, pemilihan warna cat dinding terang seperti putih, atau abu-abu terang, dapat membantu memberi kesan ruangan yang lebih berdimensi. Hal tersebut bisa menjadi trik untuk menyiasati ruangan kantor yang berukuran sempit menjadi terlihat lebih besar.

2. Sumber pencahayaan ruangan

Pencahayaan pada suatu ruangan juga bisa menjadi kunci untuk membuat ruangan terlihat lebih luas. Sumber pencahayaan sendiri dapat memanfaatkan sinar matahari dari kaca jendela maupun dari lampu apabila ruangan minim dengan jendela. Cahaya dengan tingkat keterangan yang tepat dapat menghasilkan efek cerah sehingga ruangan terlihat lapang. Tidak hanya sebagai pendukung interior, pencahayaan yang baik penting untuk diperhatikan demi kenyamanan karyawan dalam bekerja.

3. Penggunaan meja kantor

Meja kantor merupakan salah satu benda perkantoran yang wajib keberadaannya. Ruang kantor yang sempit dapat diantisipasi dengan pemilihan meja kerja yang multifungsi. Tidak hanya itu, meja kantor yang memiliki ukuran kecil pun tetap harus memiliki daya simpan yang baik. Dengan daya simpan yang maksimal, maka meja kantor dapat menjadi area penyimpanan untuk alat-alat kantor lainnya. Barang-barang yang tidak begitu diperlukan lebih baik disimpan, sehingga tidak meninggalkan kesan berantakan di atas meja kerja. Cukup letakkan layar komputer atau laptop, buku catatan, alat tulis seperlunya dan barang penting lainnya agar meja kerja terlihat lebih apik.

4. Menghindari adanya sekat

Sekat antar meja maupun sekat ruang pembatas sebaiknya dihindari dan digantikan dengan penggunaan partisi, agar menghindari tampilan ruangan yang terlihat sempit. Partisi dapat digunakan sebagai salah satu solusi untuk menata ruang kantor agar terlihat lebih rapi dan luas. Dengan adanya partisi, maka pemanfaatan ruang dapat lebih maksimal. Pemilihan partisi yang berdesain minimalis juga dapat membantu agar ruang kerja karyawan tidak banyak menggunakan sekat-sekat antar meja.

5. Meminimalisir aksesori dalam ruangan

Untuk menghias ruangan, aksesori sebagai pelengkap tentu dibutuhkan. Namun, pemilihan bentuk, ukuran dan fungsi dari aksesori kini perlu diperhatikan juga. Terkadang kesalahan dalam memasang aksesori ruangan dapat berpengaruh terhadap kesan visual yang dihasilkan. Dalam kasus ruang kantor yang sempit, ada baiknya menggunakan aksesori yang sederhana namun tetap fungsional. Trik yang dapat diterapkan seperti menaruh tanaman hias berukuran kecil yang dapat ditaruh di dalam ruangan. Selain sebagai aksen penghias ruangan, tanaman tersebut bisa juga dimanfaatkan sebagai upaya menjaga kesehatan udara di dalam ruang.

Itulah cara menata ruang kantor yang sempit. Dengan mengatur poin-poin diatas secara berkesinambungan, maka ruang sempit dapat ditata menjadi lebih efiisien sehingga ruangan menjadi terlihat lebih luas. Apabila terdapat kesulitan dalam memilih meja kantor maupun partisi, Arkadia Furniture dapat menjadi solusi terbaik. Arkadia Furniture tidak hanya menyediakan produk furnitur kantor dengan model yang apik namun juga dengan kualitas tinggi. Semoga tips dan trik ini dapat bermanfaat!