NEWS

Untuk menunjang kinerja karyawan agar semakin produktif di kantor, pilihan meja kantor dapat menjadi hal yang krusial. Pemilihan meja yang tepat dapat membuat karyawan merasa nyaman saat menggunakannya. Meja kantor yang baik harus dapat menunjang beberapa aspek seperti kesehatan, fungsi, dan kualitas.

Jadi, saat memilih meja komputer kantor, buatlah beberapa daftar pertanyaan seperti: apakah meja yang akan dibeli sudah sesuai dengan kebutuhan kerja? Apakah ukurannya sudah sesuai dengan ruang kerja? Berikut adalah 5 tips untuk mempertimbangkan jenis meja kantor yang dapat meningkatkan semangat kerja karyawan.

  1. Sesuaikan jenis meja dengan pekerjaan

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah pahami pekerjaan karyawan. Contohnya, jika Anda memiliki karyawan yang membutuhkan komputer dengan banyak komponennya untuk mengerjakan tugas-tugasnya, pilihlah meja yang memang khusus dibuat untuk komputer tersebut. Biasanya meja tersebut memiliki keyboard tray, tempat CPU dengan sirkulasi yang baik, serta bagian untuk printer.

  1. Sesuaikan pilihan meja dengan desain interior

Memilih meja kantor bukan hanya berfokus pada fungsinya saja. Anda juga harus memastikan bahwa pilihan meja Anda masih selaras dengan keseluruhan desain interior. Pastikan Anda juga sudah mengukur ruangan kerja. Dimensi meja tidak boleh terlalu besar jika ruangan kerjanya kecil agar ruangan tetap terasa luas dan nyaman. Siasati ruangan kecil dengan memilih meja sudut berbentuk L.

Pemilihan warna meja juga harus diperhatikan. Pastikan warna yang dipilih sudah selaras dengan keseluruhan aksen desain interior. Misalnya, jika desain interior yang digunakan kantor Anda adalah minimalis dengan warna-warna netral yang cerah, pastikan Anda tidak memilih meja dengan warna tua dan kuno.

  1. Pilihlah meja yang berkualitas

Ada beberapa hal yang menentukan kualitas meja kantor. Beberapa di antaranya adalah tekstur permukaan, bahan, dan kualitas komponen-komponennya, seperti kualitas keyboard tray-nya. Permukaan meja yang datar dan bertekstur rata biasanya menunjukkan kualitas yang baik. Pastikan tidak ada gelombang, gurat kasar, atau lubang di atas permukaan meja.

Selain itu, perhatikan juga bahan meja yang akan digunakan. Pilihlah material meja dengan lapisan yang tebal dan tahan terhadap benturan dan noda. Pilihlah meja laminasi atau meja kayu dengan lapisan kaca. Untuk meja komputer dengan keyboard tray, pastikan tray berada di ketinggian yang pas dan ergonomis. Posisi lengan harus membentuk sudut 90 derajat agar karyawan bisa merasa nyaman saat menggunakannya. Lebar mouse tray juga harus diperhatikan dan usahakan dapat menampung mouse dengan ukuran sedang.

  1. Sesuaikan dengan anggaran

Tips keempat ini mungkin yang paling penting. Sesuaikan pilihan meja dengan anggaran biaya yang dimiliki. Untuk beberapa jenis meja dengan material tertentu harganya akan lebih mahal. Contohnya, meja dengan bahan besi.

Jika Anda ingin menghemat biaya tetapi masih mendapatkan meja yang modern, pilihlah meja kayu berlapis melamin dengan aksen kaki berbahan besi. Lapisan melamin pada meja akan membuat meja kerja lebih tahan terhadap gores dan noda. Sehingga, meja pun lebih awet dan mudah dibersihkan. Biasanya ukuran meja seperti ini juga tidak terlalu besar.

 

Itulah 4 tips memilih meja komputer kantor yang tepat. Meja kantor yang nyaman dan multifungsi bisa membuat karyawan semakin semangat dan produktif saat bekerja. Selamat mencoba!